nibrastsalis@gmail.com
Tugas 2: membuat Jurnal
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN KOMPUTER
Nadia Nibrastsalis,
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Jakarta
Djati Tri Lestari,
Wisudawan 2010 Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika
Widodo, M.Kom,
Dosen Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini adalah perancangan dan pembuatan program media pembelajaran bahasa pemrograman pascal bagi Mahasiswa Jurasan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada mata kuliah pemrograman komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan multimedia standar yang tepat untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran bahasa pemrograman pascal.
Hasil evaluasi dari penggunaan produk multimedia pembelajaran ini, ahli media menyatakan bahwa media cukup baik, ahli materi menyatakan baik, mahasiswa yang sedang mempelajari bahasa pascal menyatakan media sangat baik. Mahasiswa menyukai multimedia pembelajaran ini karena materi yang disajikan membantu mereka mememahami bahasa pemrograman pascal dan dapat digunakan untuk belajar mandiri.
Kata Kunci: Multimedia, Program Komputer, Materi Multimedia Pembelajaran Bahasa Pemrograman Pascal, Aspek Penilaian untuk Pembelajaran.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa manfaat yang besar bagi manusia. Salah satu titik awal yang menjadi dasar pengembangan teknologi yang berskala besar adalah perkembangan bahasa pemrograman yang semakin bervariasi.
Begitu Banyak bahasa pemrograman yang muncul dan berkembang hingga saat ini, diantaranya Java, C, C++, Visual basic, PHP, Python, C#, Delphi, Perl, JavaScript, Ruby, D, PL/SQL, SAS, ABAP, Pascal, COBOL, ActionScript, Logo, Lua, Fortran, dan lain sebagainya.
Menilik kembali perkembangan bahasa pemrograman diera 1960an, tepatnya pada tahun 1969 di laboratorium Bell AT&T di murray, New Jersey menggunakan bahasa Assembly untuk mengembangkan system operasi Linux yang bertujuan membuat program antarmuka yang bersifat programmer friendly. Namun bahasa pemrograman jenis ini memiliki tingkat kesulitan tinggi sehingga sulit untuk dimengerti dan dimodifikasi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dikembangkanlah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang didesai menyerupai bahasa manusia (dalam bahasa inggris). Salah satu bahasa tersebut adalah bahasa Pascal.
Bahasa Pascal merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang dapat digunakan dalam pembelajaran pemrograman komputer. Beberapa yang dapat dipahami melalui Pemrograman Pascal yaitu tentang pemrograman terstruktur, alogaritma pemrograman, teori input output, pengulangan, elemen dasar pemrograman, operasi string, array, dan sebagainya.
Mata kuliah pemrograman komputer bertujuan agar mahasiswa mampu menguasai: Organisasi dan Arsitektur Komputer, Bahasa Pemrograman Komputer, Pemahaman Pemrograman Terstruktur dan Pemrograman Berorientasi Objek (OPP), Alogaritma Pemrograman, Teori dan Praktik Pemrograman sesuai dengan kebutuhan bidang Teknik Elektro yang mencakup pengenalan, Elemen-elemen Program, Input dan Output, Perulangan, Seleksi Kondisi, Operasi String, Prosedur dan Fungsi, Array, Skalar, Record, Pointer.
Semua itu sulit dipahami dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar, pemilihan teknologi instruksional sebagai media pengajaran diharapkan mampu memberikan sumbangsih lebih terhadap kelancaran proses belajar-mengajar.
Dengan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar membantu kegiatan belajar mengajar lebih efektif daripada penyampaian secara tradisional karena pencapaian waktu belajar yang lebih singkat dengan jumlah belajar (amount of learning) yang setara, serta memberikan daya tarik tersendiri jika penyampaian pembelajaran menggunakan program-program multimedia dan atau tutorial audio. Salah satunya yaitu dengan software Macromedia Flash 8.
Dirancangnya produk multimedia pembelajaran bahasa pemrograman pascal dengan software Macromedia Flash 8 bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami bahasa pemrograman pascal pada matakuliah pemrograman komputer, oleh karena itu perancangan media pembelajaran ini dirancang berdasarkan silabus mata kuliah pemrogaman komputer agar bermanfaat untuk para dosen dalam penyampaian materi kuliah pemrograman komputer dan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pemrograman komputer, ataupun untuk belajar pemrograman bahasa pascal secara mandiri.
I. KAJIAN TEORI
A. KERANGKA TEORITIS
1. Hakikat Pembelajaran
Menurut Hintzman belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia atau hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut. Tujuan belajar adalah untuk memperoleh pengetahuan fakta, pemahaman, kemapuan berpikir analis, sikap dan karakterisasi, dan keterampilan fisik yang berkaitan dengan keterampilan gerak maupun ekspresi verbal atau non verbal.
2. Multimedia
Secara etimologis multimedia berasal dari kata “multi” yang berarti banyak, bermacam-macam, dan “medium” yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Jadi multimedia adalah perpaduan antara berbagai media (format file) seperti teks, gambar, grafik, sound, animasi, video, interaksi, dan lain-lain yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik. Salah satu pemanfaatan multimedia yaitu pada media pembelajaran.
3. Multimedia untuk Pembelajaran
Teknologi komputer merupakan sebuah penemuan yang membantu penyampaian pembelajaran dengan multimedia. Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Yaitu:
a. Media pembelajaran meningkatkan motivasi pembelajar
b. Media pembelajaran merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru
c. Media pembelajaran mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik.
B. KERANGKA BERPIKIR
Untuk mempermudah mahasiswa memahami konsep dasar Bahasa Pemrograman Pascal pada mata kuliah Pemrograman Komputer, maka diperlukanlah suatu media belajar yang dapat membantu dan menjadi pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Media belajar ini berbentuk multimedia pembelajaran yang memuat materi, yaitu:
1. Struktur program, unit dan parameter program
2. Elemen dasar Pascal
3. Contoh Program
4. Operator Program
5. Statement program, dan
6. String.
Adapun flowchart pembuatan multimedia pembelajaran bahasa pemrograman pascal dapat dilihat pada gambar.1
C. HIPOTESIS PENELITIAN
Hipotesis penelitian ini adalah produk Multimedia Pembelajaran Bahasa Pemrograman Pascal yang dihasilkan memiliki kualitas baik.
II. METODOLOGI PENELITIAN
A. TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Tempat penelitian berlangsung di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas teknik Universitas Negeri Jakarta. Dalam proses perancangan dan pembuatan media pembelajaran, penelitian dilakukan di laboratorium komputer lantai 2 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada semester genap 092 tahun akademik 2009-2010.
B. METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen untuk pembuatan rancangan.
C. LANGKAH-LANGKAH PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PROGRAM CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL
1. Design Analysis
Media dirancang sesuai dengan kebutuhan dosen untuk menjelaskan konsep yang diperlukan kepada mahasiswa. Meliputi:
a. Karakteristik pengguna
b. Kebutuhan sistem komputer
c. Pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan produk
d. Kompetensi yang diperoleh pengguna setelah mempelajari produk multimedia pembelajaran bahasa pemrograman pascal, yakni:
1. Pengguna dapat menjelaskan hakikat bahasa Pemrograman Pascal
2. Dapat menggunakan elemen-elemen yang terdapat dalam bahasa pemrograman pascal
3. Dapat membuat program-program dengan bahasa Pemrograman Pascal
2. Review
Peninjauan teknis untuk mendapatkan spesifikasi rancangan yang benar. Proses peninjauan meliputi materi yang akan dibahas pada media interaktif yang dirancang, membuat flowchart, serta membuat storyboard.
3. Built and Test Prototype
Pada tahap ini dibagi kembali menjadi 3 langkah:
a. Pra Produksi: Mempersiapkan kebutuhan yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi seperti gambar-gambar, materi, musik, dan lainnya.
b. Produksi: Tahap pembuatan tampilan menu utama, tampilan materi, tampilan evaluasi, dan seluruh media yang akan disatukan pada produk Multimedia Pembelajaran bahasa Pemrograman Pascal. Setelah program selesai, program dipublikasikan kedalam format .exe agar aplikasi flash langsung dapat digunakan tanpa menginstall program flash terlebih dulu.
c. Pengujian: multimedia pembelajaran bahasa pemrograman pascal ini diimplementasikan dengan melakukan uji coba kepada ahli materi, ahli media, dan para pengguna (Mahasiswa).
4. Manufacturing Analysis
Prototype media yang sudah diuji coba dilakukan evaluasi dan revisi berdasarkan hasil uji coba.
5. Teknik Evaluasi
Penelitian ini menggunakan teknik evaluasi formatif guna perbaikan dan pengembangan kegiatan yang sedang bberjalan agar produk tersebut dapat digunakan secara efektif dan efisien. Uji coba ini melibatkan ahli media, ahli materi, dan responden dengan cara:
a. Evaluasi para ahli
b. One-to-one evaluation atau evaluasi satu-satu
c. Sall group atau evaluasi kelompok kecil.
6. Validitas Instrumen
Menggambarkan kemampuan instrumen untuk mengukur sejauh mana pemahaman responden terhadap instrument yang diberikan.
7. Final Instrumen
Instrumen yang telah di validasi dilakukan perbaikan. Instrumen berupa kuesioner skala penilaian untuk para ahli(ahli media dan ahli materi) dan skala sikap untuk responden (mahasiswa). Skala penilaiannya adalah:
8. Teknik Analisis Data
Skor (%) | Kualitas |
86 – 100 | Sangat Baik |
71 – 85 | Baik |
56 – 70 | Cukup Baik |
41 - 55 | Berkualitas Rendah |
20 – 40 | Tidak Baik |
Teknik analisis data dengan statistik deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya dan menarik kesimpulan kualitas produk yang dirancang dengan presentase:
|
III. HASIL PENELITIAN
A. NAMA DAN KARAKTERISTIK PRODUK
Nama Produk media pembelajaran yang dihasilkan adalah “ Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Pascal.exe “. Perkembangan media ini menggunakan software Macromedia Flash 8.
Keunggulan yang dimiliki program ini antara lain:
1. Materi yang disajikan berdasarkan SAP mata kuliah Pemrograman Komputer
2. Program menampilkan gambar dan animasi untuk memudahkan pemahaman
3. Program bersifat interaktif dengan memberikan feedback secara langsung
4. Desain tampilan yang menarik agar pengguna termativasi untuk mengeksplorasikan materi yang terdapat pada program
5. Terdapat berbagai contoh program pascal
6. Terdapat symbol navigasi untuk melakukan perpindahan tampilan
7. Dilengkapi pretest, test formatif, dan posttest
8. Autorun, program langsung berjalan ketika CD dimasukan ke CD-ROM
9. Program dapat digunakan secara mandiri maupun didampingi instruktur/pengajar.
B. HASIL UJI COBA/EVALUASI
1. Evaluasi Para Ahli
Tahap pertama evaluasi dilakukan oleh 4 penguji ahli, yaitu 2 ahli mediadan 2 ahli materi. Dua penguji ahli media adalah: Dr.Robinson Situmorang (Dosen Pusat Sumber Belajar UNJ dan Dosen Jurusan Teknologi Pendidikan UNJ) dan Cecep Kustandi,M.Pd (Dosen Jurusan Teknologi Pendidikan UNJ). Dua penguji ahli materi adalah: Dra.Ir.Erdawati Kamarudin,M.Pd (Dosen Jurusan Teknik Elektro UNJ) dan Med Irzal,M.Kom (Dosen Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNJ).
Data hasil rekapitulasi evaluasi oleh ahli media sebagai berikut:
Komponen Evaluasi | Rata-rata Kelengkapan |
Rekayasa Perangkat Lunak | 70,00 |
Desain Pembelajaran | 61,00 |
Komunikasi Visual | 62,86 |
Rata-rata kelengkapan komponen | 64,62 |
Kategori kualitas | Cukup Baik |
Data hasil rekapitulasi evaluasi oleh ahli materi sebagai berikut:
Komponen Evaluasi | Rata-rata Kelengkapan |
Rekayasa Perangkat Lunak | 86,00 |
Desain Pembelajaran | 82,50 |
Komunikasi Visual | 82,86 |
Rata-rata kelengkapan komponen | 83,79 |
Kategori kualitas | Baik |
1. Evaluasi Satu-satu
Evaluasi satu-satu dilakukan oleh 2 orang mahasiswa jurusan Teknik Elektro UNJ. Data hasil rekapitulasi evaluasi satu-satu sebagai berikut:
Komponen Evaluasi | Rata-rata Kelengkapan |
Rekayasa Perangkat Lunak | 65,00 |
Desain Pembelajaran | 68,18 |
Komunikasi Visual | 70,00 |
Rata-rata kelengkapan komponen | 63,73 |
Kategori kualitas | Cukup Baik |
2. Evaluasi Kelompok Kecil
Evaluasi kelompok kecil dilakukan oleh 10 orang mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektronika yang sedang mempelajari bahasa Pemrograman Pascal pada mata kuliah Pemrograman Komputer. Data hasil rekapitulasi evaluasi kelompok kecil sebagai berikut:
Komponen Evaluasi | Rata-rata Kelengkapan |
Rekayasa Perangkat Lunak | 93,00 |
Desain Pembelajaran | 82,18 |
Komunikasi Visual | 83,71 |
Rata-rata kelengkapan komponen | 86,30 |
Kategori kualitas | Sangat Baik |
Evaluasi kelompok kecil berikutnya dilakukan oleh 10 orang mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektronika yang telah mempelajari bahasa Pemrograman Pascal pada mata kuliah Pemrograman Komputer. Data hasil rekapitulasi evaluasi kelompok kecil adalah ebagai berikut:
Komponen Evaluasi | rata- rata kelengkapan |
Rekayasa Perangkat Lunak | 84,00 |
Desain Pembelajaran | 81,45 |
Komunikasi Visual | 82,00 |
Rata-rata kelengkapan komponen | 82,48 |
Kategori kualitas | Baik |
C. REVISI PROGRAM
Komentar berupa pendapat, kritik, dan saran yang diberikan saat tahap evaluasi, maka program Multimedia Pembelajaran Bahasa Pemrograman Bahasa Pascal ini direvisi. Salah satunya dilakukan penambahan contoh-contoh program dan materi, penambahan soal pada posttest, dan penambahan gambar animasi.
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Multimedia pembelajaran bahasa Pemrograman Pascal ini dapat digunakan oleh mahasiswa jurusan Teknik Elektro sebagai bahan belajar mandiri ataupun penunjang dalam mempelajari bahasa Pemrograman Pascal. Multimedia pembelajaran ini didesain dengan tampilan sederhana dan interaktif. Beberapa materi disesuaikan dengan materi kuliah Pemrograman Komputer sehingga mahasiswa yang sedang atau telah mengikuti mata kuliah tersebut dapat menggunakan media ini sebagai bahan belajar penunjang.
Hasil evaluasi produk yang dilakukan oleh ahli media menyatakan bahwa media cukup baik, ahli materi menyatakan baik, evaluasi satu-satu menyatakan bahwa media cukup baik, mahasiswa yang sedang mempelajari bahasa pascal menyatakan media sangat baik, mahasiswa yang telah mempelajari bahasa pascal menyatakan media baik.
B. SARAN
Dengan adanya Multimedia pembelajaran bahasa Pemrograman Pascal ini, disarankan kepada:
1. Mahasiswa, untuk menggunakan multimedia pembelajaran ini seoptimal mungkin
2. Instruktur/Dosen, untuk menggunakan multimedia pembelajaran ini dalam kegiatan pembelajaran
3. Jurusan, untuk menyebarluaskan multimedia pembelajaran ini.
4. Pengembang media lain, untuk menciptakan hasil karya yang lebih baik agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain sebagai sumber belajar.
5. Evaluator, untuk mengevalusi keefektifan multimedia pembelajaran ini.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Hendarsyah, Decky.2008. Kumpulan Program Pascal. Jakarta: Ilmu Komputer.com.
Muhibbin, Syah. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, Eko. 1993. Bahasa Pemrograman Pascal. Yogyakarta: Andi Offset.
Partoharsodjo, Hartono.1989. Tuntunan Praktis Pemrograman Bahasa Pascal Menggunakan Program-program Pada Turbo Pascal 5.0. Jakarta: PT. Elexmedia komputindo.
Sabri, Alisuf.1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya
Santoso, P. Insap. 1992. Struktur Data menggunakan Turbo Pascal 6.0. Yogyakarta: Andi Offset
Scheid, Francis. 1986. Pengantar Ilmu Komputer. Jakarta: Erlangga.